Saturday, March 10, 2012

Pembahasan Shalat Jama' dan Qashar

Filled under:

Murtakibudz Dzunub - Menjama' shalat adalah mengumpulkan dua shalat dalam satu waktu. Bila dilakukan diwaktu shalat yang awal (misalnya, dhuhur dan ashar dilakukan pada waktu dhuhur) maka disebut jama' taqdim, dan bila dilakukan dalam waktu yang kedua (seperti, maghrib dengan isya' yang dikerjakan pada waktu isya') maka disebut jama' ta'khir.

Catatan: 
Shalat-shalat yang dijama' adalah duhur dengan ashar dan maghrib dengan isya'. Sedang subuh tidak bisa dijama'. Dan shalat jama'-qashar  ini juga termasuk dalam bagian udzur dalam shalat.



1. Tertib, artinya mengerjakan dua shalat secara urut. Misalnya, dhuhur di jama' dengan ashar maka dhuhur harus didahulukan tidak boleh dibalik dengan mengerjakan shalat ashar.

2. Niat jama', yang bersamaan dengan takbiratul ihram shalat yang pertama, misalnya dhuhur.

3. Muwalah (terus menerus) antara dua shalat yang dijama' tidak  boleh diselingi ibadah atau pekerjaan yang lain.



1. Niat jama' ta'khir diwaktu shalat yang pertama.

2. Mengerjakan shalat yang kedua (ashar atau isya') masih dalam perjalanan. Bila dikerjakan sudah sampai dirumah maka tidak boleh dijama' ta'khir. Menurut qaul (pendapat) yang shahih dalam jama' ta'khir tidak disyaratkan tartib, muwalah dan niat jama'.


Sedang yang dimaksud dengan meng-qashar shalat adalah memperpendek/meringkas rakaat shalat.

Catatan: 
Shalat yang di qashar adalah shalat yang jumlah rakaatnya ada empat, yakni dhuhur, ashar dan isya'. Sedang maghrib dengan subuh tidak bisa di qashar.



1. Bepergian yang bukan untuk tujuan maksiat.

2. Jauh perjalanan minimal 88,5 km.

3. Shalat yang di qashar adalah shalat ada' (bukan shalat qadha') yang empat rakaat.

4. Niat qashar bersama dengan takbiratul ihram.

5. Tidak boleh ber-makmum pada orang yang melakukan shalat sempurna (tidak meng-qashar)




1. Niat shalat dhuhur dan ashar dengan jama' taqdim

 
أصل فرض الظهر أربع ركعات مجموعا اليه العصر جمع تقديم لله تعالى
Usholli fardhodhdhuhri 'arba'a roka'atin majmu'an ilaihil 'ashru jam'a taqdimin lillahi ta'ala
 
أصل فرض العصر أربع ركعات مجموعا بالظهر جمع تقديم لله تعالى
Usholli fardhol'ashri 'arba'a roka'atin majmu'an bidhdhuhri jam'a taqdimin lillahi ta'ala

2. Niat shalat dhuhur dan ashar dengan jama' ta'khir

أصل فرض الظهر أربع ركعات مجموعا بالعصر جمع تأخير لله تعالى
 Usholli farhodhuhri 'arba'a roka'atin majmu'an bil'ashri jam'a ta'khirin lillahi ta'ala

أصل فرض العصر أربع ركعات مجموعا اليه الظهر جمع تقديم لله تعالى
 Usholli fardhol 'ashri 'arba'a roka'atin majmu'an bil'ashri ilaihidhdhuhru jam'a taqdimin lillahi ta'ala
 
3. Niat shalat maghrib dan isya' dengan jama' taqdim

أصل فرض المغرب ثلاث ركعات مجموعا اليه العشاء جمع تقديم لله تعالى
 Usholli fardhol maghribi tsalatsa roka'atin majmu'an ilaihil 'isya'u jam'a taqdimin lillahi ta'ala

أصل فرض العشاء أربع ركعات مجموعا بالمغرب جمع تقديم لله تعالى
Usholli fardhol isya'i arba'a roka'atin majmu'an bilmaghribi jam'a taqdimin lillahi ta'ala
 
4. Niat shalat maghrib dan isya' dengan jama' ta'khir

أصل فرض المغرب ثلاث ركعات مجموعا  بالعشاء جمع تأخير لله تعالى

أصل فرض العشاء اربع ركعات مجموعا اليه المغرب جمع تأخير لله تعالى

5. Niat shalat dhuhur, ashar atau isya' dengan qashar

أصل فرض الظهر ركعتين قصرا لله تعالى

أصل فرض العصر ركعتين قصرا لله تعالى

أصل فرض العشاء ركعتين قصرا لله تعالى

6. Niat shalat dhuhur dan ashar dengan jama' taqdim sekaligus qashar

أصل فرض الظهر ركعتين مجموعا اليه العصر جمع تقديم قصرا لله تعالى

أصل فرض العصر ركعتين مجموعا بالظهر جمع تقديم قصرا لله تعالى
 
7. Niat shalat dhuhur dan ashar dengan jama' ta'khir sekaligus qashar

أصل فرض الظهر ركعتين مجموعا بالعصر جمع تأ خير قصرا لله تعالى

أصل فرض العصر ركعتين مجموعا اليه الظهر جمع تأ خير قصرا لله تعالى

8. Niat shalat isya' dengan jama' taqdim/ta'khir sekaligus qashar

أصل فرض العشاء ركعتين مجموعا بالمغرب جمع تقديم قصرا لله تعالى

أصل فرض العشاء ركعتين مجموعا اليه المغرب جمع تأ خير قصرا لله تعالى



Keterangan:
Diperbolehkan menjama' sekaligus meng-qashar shalat. Contoh: Maghrib dengan isyak bisa di jama' dan di qashar, tapi hanya isya' saja yang bisa di qashar menjadi dua rakaat, sedang maghrib tetap dikerjakan dengan sempurna tiga rakaat.



0 comments:

Post a Comment