Saturday, March 10, 2012

Pembahasan Shalat Jama' dan Qashar

Filled under:

Murtakibudz Dzunub - Menjama' shalat adalah mengumpulkan dua shalat dalam satu waktu. Bila dilakukan diwaktu shalat yang awal (misalnya, dhuhur dan ashar dilakukan pada waktu dhuhur) maka disebut jama' taqdim, dan bila dilakukan dalam waktu yang kedua (seperti, maghrib dengan isya' yang dikerjakan pada waktu isya') maka disebut jama' ta'khir.

Catatan: 
Shalat-shalat yang dijama' adalah duhur dengan ashar dan maghrib dengan isya'. Sedang subuh tidak bisa dijama'. Dan shalat jama'-qashar  ini juga termasuk dalam bagian udzur dalam shalat.



1. Tertib, artinya mengerjakan dua shalat secara urut. Misalnya, dhuhur di jama' dengan ashar maka dhuhur harus didahulukan tidak boleh dibalik dengan mengerjakan shalat ashar.

2. Niat jama', yang bersamaan dengan takbiratul ihram shalat yang pertama, misalnya dhuhur.

3. Muwalah (terus menerus) antara dua shalat yang dijama' tidak  boleh diselingi ibadah atau pekerjaan yang lain.



1. Niat jama' ta'khir diwaktu shalat yang pertama.

2. Mengerjakan shalat yang kedua (ashar atau isya') masih dalam perjalanan. Bila dikerjakan sudah sampai dirumah maka tidak boleh dijama' ta'khir. Menurut qaul (pendapat) yang shahih dalam jama' ta'khir tidak disyaratkan tartib, muwalah dan niat jama'.


Sedang yang dimaksud dengan meng-qashar shalat adalah memperpendek/meringkas rakaat shalat.

Catatan: 
Shalat yang di qashar adalah shalat yang jumlah rakaatnya ada empat, yakni dhuhur, ashar dan isya'. Sedang maghrib dengan subuh tidak bisa di qashar.



1. Bepergian yang bukan untuk tujuan maksiat.

2. Jauh perjalanan minimal 88,5 km.

3. Shalat yang di qashar adalah shalat ada' (bukan shalat qadha') yang empat rakaat.

4. Niat qashar bersama dengan takbiratul ihram.

5. Tidak boleh ber-makmum pada orang yang melakukan shalat sempurna (tidak meng-qashar)




1. Niat shalat dhuhur dan ashar dengan jama' taqdim

 
أصل فرض الظهر أربع ركعات مجموعا اليه العصر جمع تقديم لله تعالى
Usholli fardhodhdhuhri 'arba'a roka'atin majmu'an ilaihil 'ashru jam'a taqdimin lillahi ta'ala
 
أصل فرض العصر أربع ركعات مجموعا بالظهر جمع تقديم لله تعالى
Usholli fardhol'ashri 'arba'a roka'atin majmu'an bidhdhuhri jam'a taqdimin lillahi ta'ala

2. Niat shalat dhuhur dan ashar dengan jama' ta'khir

أصل فرض الظهر أربع ركعات مجموعا بالعصر جمع تأخير لله تعالى
 Usholli farhodhuhri 'arba'a roka'atin majmu'an bil'ashri jam'a ta'khirin lillahi ta'ala

أصل فرض العصر أربع ركعات مجموعا اليه الظهر جمع تقديم لله تعالى
 Usholli fardhol 'ashri 'arba'a roka'atin majmu'an bil'ashri ilaihidhdhuhru jam'a taqdimin lillahi ta'ala
 
3. Niat shalat maghrib dan isya' dengan jama' taqdim

أصل فرض المغرب ثلاث ركعات مجموعا اليه العشاء جمع تقديم لله تعالى
 Usholli fardhol maghribi tsalatsa roka'atin majmu'an ilaihil 'isya'u jam'a taqdimin lillahi ta'ala

أصل فرض العشاء أربع ركعات مجموعا بالمغرب جمع تقديم لله تعالى
Usholli fardhol isya'i arba'a roka'atin majmu'an bilmaghribi jam'a taqdimin lillahi ta'ala
 
4. Niat shalat maghrib dan isya' dengan jama' ta'khir

أصل فرض المغرب ثلاث ركعات مجموعا  بالعشاء جمع تأخير لله تعالى

أصل فرض العشاء اربع ركعات مجموعا اليه المغرب جمع تأخير لله تعالى

5. Niat shalat dhuhur, ashar atau isya' dengan qashar

أصل فرض الظهر ركعتين قصرا لله تعالى

أصل فرض العصر ركعتين قصرا لله تعالى

أصل فرض العشاء ركعتين قصرا لله تعالى

6. Niat shalat dhuhur dan ashar dengan jama' taqdim sekaligus qashar

أصل فرض الظهر ركعتين مجموعا اليه العصر جمع تقديم قصرا لله تعالى

أصل فرض العصر ركعتين مجموعا بالظهر جمع تقديم قصرا لله تعالى
 
7. Niat shalat dhuhur dan ashar dengan jama' ta'khir sekaligus qashar

أصل فرض الظهر ركعتين مجموعا بالعصر جمع تأ خير قصرا لله تعالى

أصل فرض العصر ركعتين مجموعا اليه الظهر جمع تأ خير قصرا لله تعالى

8. Niat shalat isya' dengan jama' taqdim/ta'khir sekaligus qashar

أصل فرض العشاء ركعتين مجموعا بالمغرب جمع تقديم قصرا لله تعالى

أصل فرض العشاء ركعتين مجموعا اليه المغرب جمع تأ خير قصرا لله تعالى



Keterangan:
Diperbolehkan menjama' sekaligus meng-qashar shalat. Contoh: Maghrib dengan isyak bisa di jama' dan di qashar, tapi hanya isya' saja yang bisa di qashar menjadi dua rakaat, sedang maghrib tetap dikerjakan dengan sempurna tiga rakaat.



Posted By Kang Santri12:45:00 PM

Motivasi Brian Dyson

Filled under:

Murtakibudz Dzunub - Brian Dyson, mantan CEO Coca Cola, pernah menyampaikan pidato yang sangat menarik.  Katanya, "Bayangkan hidup itu seperti pemain akrobat dengan 5 bola di udara.

Kita bisa menamai bola-bola itu dengan sebutan:
  1. Pekerjaan
  2. Keluarga
  3. Semangat
  4. Kesehatan
  5. Sahabat

Kita harus menjaga semua bola itu tetap di udara dan jangan sampai ada yang terjatuh.

Kalaupun situasi mengharuskan Anda melepaskan salah satu di antara 5 bola tersebut, lepaskanlah "Pekerjaan" karena pekerjaan adalah BOLA KARET.

Pada saat Anda menjatuhkannya, suatu saat ia akan melambung kembali.

Namun 4 bola lain sepeti Keluarga, Kesehatan, Sahabat, dan Semangat adalah BOLA KACA.

Jika Anda menjatuhkannya, akibatnya bisa sangat fatal!"


Kemudian, Dyson mencoba mengajak kita hidup secara seimbang.

Pada kenyataannya, kita terlalu menjaga pekerjaan (bola karet). Bahkan kita mengorbankan keluarga, kesehatan, sahabat, dan semangat demi menyelamatkan bola karet tersebut. 
Contohnya:

- Demi uang atau pekerjaan, kita mengabaikan keluarga,
- Demi meraih sukses dalam pekerjaan, kita tidak memperhatikan kesehatan,
- Demi uang atau pekerjaan, kita rela menghancurkan hubungan dengan sahabat baik.

Bukan berarti pekerjaan tidak penting! Tapi jangan sampai uang atau pekerjaan menjadi "berhala" dalam hidup kita.

Ingat, kalaupun kita kehilangan, uang selalu bisa dicari lagi. Tapi jika keluarga sudah "terjual", ke mana kita bisa membelinya lagi? Apakah kita bisa membeli sahabat? Apakah kesehatan kita bisa kembali normal, jika kita terkena penyakit kritis? Mari jaga agar prioritas hidup kita tetap seimbang!"



Posted By Kang Santri10:29:00 AM

Adab Berbicara, Mendengar dan Berdebat

Filled under:

Murtakibudz Dzunub - "Sesungguhnya seorang hamba mengucapkan satu kata yang diridhai Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang ia tidak mengira yang akan mendapatkan demikian sehingga dicatat oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala keridhoan-Nya bagi orang tersebut sampai nanti hari Kiamat. Dan seorang lelaki mengucapkan satu kata yang dimurkai Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang tidak dikiranya akan demikian, maka Allah Subhanahu Wa Ta'ala mencatatnya yang demikian itu sampai hari Kiamat."   

(HR Tirmidzi dan ia berkata hadits hasan shahih juga diriwayatkan oleh Ibnu Majah).



1. Semua pembicaraan harus kebaikan, (QS 4/114, dan QS 23/3), dalam hadits nabi Sholalllohu 'Alaihi Wasalam disebutkan:

"Barangsiapa yang beriman pada ALLAH dan hari akhir maka hendaklah berkata baik atau lebih baik diam." (HR Bukhari Muslim).

2. Berbicara harus jelas dan benar, sebagaimana dalam hadits Aisyah ra:

"Bahwasanya perkataan rasuluLLAH Sholalllohu 'Alaihi Wasalam itu selalu jelas sehingga bias difahami oleh semua yang mendengar." (HR Abu Daud).

3. Seimbang dan menjauhi bertele-tele, berdasarkan sabda nabi Sholalllohu 'Alaihi Wasalam:

"Sesungguhnya orang yang paling aku benci dan paling jauh dariku nanti di hari Kiamat ialah orang yang banyak omong dan berlagak dalam berbicara." Maka dikatakan: Wahai rasuluLLAH kami telah mengetahui arti ats-tsartsarun dan mutasyaddiqun, lalu apa makna al-mutafayhiqun? Maka jawab nabi Sholalllohu 'Alaihi Wasalam: "Orang2 yang sombong." (HR Tirmidzi dan dihasankannya)

4. Menghindari banyak berbicara, karena kuatir membosankan yang mendengar, sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Wa'il:

Adalah Ibnu Mas'ud ra senantiasa mengajari kami setiap hari Kamis, maka berkata seorang lelaki: Wahai abu AbduRRAHMAN (gelar Ibnu Mas'ud)! Seandainya anda mau mengajari kami setiap hari? Maka jawab Ibnu Mas'ud : Sesungguhnya tidak ada yang menghalangiku memenuhi keinginanmu, hanya aku kuatir membosankan kalian, karena akupun pernah meminta yang demikian pada nabi Sholalllohu 'Alaihi Wasalam dan beliau menjawab kuatir membosankan kami (HR Muttafaq 'alaih).

5. Mengulangi kata-kata yang penting jika dibutuhkan, dari Anas ra bahwa adalah nabi Sholalllohu 'Alaihi Wasalam jika berbicara maka beliau Sholalllohu 'Alaihi Wasalam mengulanginya 3 kali sehingga semua yang mendengarkannya menjadi faham, dan apabila beliau Sholalllohu 'Alaihi Wasalam mendatangi rumah seseorang maka beliau Sholalllohu 'Alaihi Wasalam pun mengucapkan salam 3 kali. (HR Bukhari).

6. Menghindari mengucapkan yang bathil, berdasarkan hadits nabi Sholalllohu 'Alaihi Wasalam:

"Sesungguhnya seorang hamba mengucapkan satu kata yang diridhai ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala yang ia tidak mengira yang akan mendapatkan demikian sehingga dicatat oleh ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala keridhoan-NYA bagi orang tersebut sampai nanti hari Kiamat. Dan seorang lelaki mengucapkan satu kata yang dimurkai ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala yang tidak dikiranya akan demikian, maka ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala mencatatnya yang demikian itu sampai hari Kiamat." (HR Tirmidzi dan ia berkata hadits hasan shahih; juga diriwayatkan oleh Ibnu Majah).

7. Menjauhi perdebatan sengit, berdasarkan hadits nabi Sholalllohu 'Alaihi Wasalam:

"Tidaklah sesat suatu kaum setelah mendapatkan hidayah untuk mereka, melainkan karena terlalu banyak berdebat." (HR Ahmad dan Tirmidzi).

Dan dalam hadits lain disebutkan sabda nabi Sholalllohu 'Alaihi Wasalam:

"Aku jamin rumah didasar surga bagi yang menghindari berdebat sekalipun ia benar, dan aku jamin rumah ditengah surga bagi yang menghindari dusta walaupun dalam bercanda, dan aku jamin rumah di puncak surga bagi yang baik akhlaqnya." (HR Abu Daud).

8. Menjauhi kata-kata keji, mencela, melaknat, berdasarkan hadits nabi Sholalllohu 'Alaihi Wasalam:

"Bukanlah seorang mu'min jika suka mencela, mela'nat dan berkata-kata keji." (HR Tirmidzi dengan sanad shahih).

9. Menghindari banyak canda, berdasarkan hadits nabi Sholalllohu 'Alaihi Wasalam:

"Sesungguhnya seburuk-buruk orang disisi ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala di hari Kiamat kelak ialah orang yang suka membuat manusia tertawa." (HR Bukhari)

10. Menghindari menceritakan aib orang dan saling memanggil dengan gelar yang buruk, berdasarkan QS 49/11, juga dalam hadits nabi Sholalllohu 'Alaihi Wasalam:

"Jika seorang menceritakan suatu hal padamu lalu ia pergi, maka ceritanya itu menjadi amanah bagimu untuk menjaganya." (HR Abu Daud dan Tirmidzi dan ia menghasankannya).

11. Menghindari dusta, berdasarkan hadits nabi Sholalllohu 'Alaihi Wasalam:

"Tanda-tanda munafik itu ada 3, jika ia bicara berdusta, jika ia berjanji mengingkari dan jika diberi amanah ia khianat." (HR Bukhari).

12. Menghindari ghibah dan mengadu domba, berdasarkan hadits nabi Sholalllohu 'Alaihi Wasalam:

"Janganlah kalian saling mendengki, dan janganlah kalian saling membenci, dan janganlah kalian saling berkata-kata keji, dan janganlah kalian saling menghindari, dan janganlah kalian saling meng-ghibbah satu dengan yang lain, dan jadilah hamba-hamba ALLAH yang bersaudara." (HR Muttafaq 'alaih)

13. Berhati-hati dan adil dalam memuji, berdasarkan hadits nabi Sholalllohu 'Alaihi Wasalam dari AbduRRAHMAN bin abi Bakrah dari bapaknya berkata:

Ada seorang yang memuji orang lain di depan orang tersebut, maka kata nabi Sholalllohu 'Alaihi Wasalam: "Celaka kamu, kamu telah mencelakakan saudaramu! Kamu telah mencelakakan saudaramu!" (2 kali), lalu kata beliau Sholalllohu 'Alaihi Wasalam: "Jika ada seseorang ingin memuji orang lain di depannya maka katakanlah: Cukuplah si fulan, semoga ALLAH mencukupkannya, kami tidak mensucikan seorangpun disisi ALLAH, lalu barulah katakan sesuai kenyataannya." (HR Muttafaq 'alaih dan ini adalah lafzh Muslim).

Dan dari Mujahid dari Abu Ma'mar berkata: Berdiri seseorang memuji seorang pejabat di depan Miqdad bin Aswad secara berlebih-lebihan, maka Miqdad mengambil pasir dan menaburkannya di wajah orang itu, lalu berkata: Nabi Sholalllohu 'Alaihi Wasalam memerintahkan kami untuk menaburkan pasir di wajah orang yang gemar memuji. (HR Muslim).


Adab Mendengar

1. Diam dan memperhatikan (QS 50/37).

2. Tidak memotong/memutus pembicaraan.

3. Menghadapkan wajah pada pembicara dan tidak memalingkan wajah darinya sepanjang sesuai dengan syariat (bukan berbicara dengan lawan jenis).

4. Tidak menyela pembicaraan saudaranya walaupun ia sudah tahu, sepanjang bukan perkataan dosa.

5. Tidak merasa dalam hatinya bahwa ia lebih tahu dari yang berbicara.

Adab Menolak/Tidak Setuju

1. Ikhlas dan menghindari sifat senang menjadi pusat perhatian.

2. Menjauhi ingin tersohor dan terkenal.

3. Penolakan harus tetap menghormati dan lembut serta tidak meninggikan suara.

4. Penolakan harus penuh dengan dalil dan taujih.

5. Menghindari terjadinya perdebatan sengit.

6. Hendaknya dimulai dengan menyampaikan sisi benarnya lebih dulu sebelum mengomentari yang salah.

7. Penolakan tidak bertentangan dengan syariat.

8. Hal yang dibicarakan hendaknya merupakan hal yang penting dan dapat dilaksanakan dan bukan sesuatu yang belum terjadi.

9. Ketika menolak hendaknya dengan memperhatikan tingkat ilmu lawan bicara, tidak berbicara di luar kemampuan lawan bicara yang dikuatirkan menjadi fitnah bagi diri dan agamanya.

10. Saat menolak hendaknya menjaga hati dalam keadaan bersih, dan menghindari kebencian serta penyakit hati.

Posted By Kang Santri9:51:00 AM